Kamis, 09 Desember 2010

Kinerja Pendidik dalam Pembelajaran

Kinerja Pendidik dalam Pembelajaran
Oleh : Muhamad Handar
Mahasiswa Pkn Non Reguler 2009

Definisi yang kita kenal sehari-hari adalah bahwa guru merupakan orang yang harus digugu dan ditiru, dalam arti orang yang memiliki kharisma atau wibawa hingga perlu untuk ditiru dan diteladani. Mengutip pendapat Laurence D.Hazkew dan Jonathan C.Mc Lenden dalam bukunya this is teaching: “ Teacher is profesional person who conducts classes ( Guru adalah seseorang yang mempunyai kemampuan dalam menata dan mengelola kelas). Jadi, guru adalah orang dewasa yang secara sadar bertanggung jawab dalam mendidik, mengajar, dan membimbing peserta didik. Orang yang disebut guru adalah orang yang memiliki kemampuan merancang program pembelajaran serta mampu menata dan mengelola kelas agar peserta didik dapat belajar dan pada akhirnya dapat mencapai tingkat kedewasaan sebagai tujuan akhir dari proses pendidikan.
Tugas pengajar sebagai pengelola pembelajaran, diantaranya :
 Tugas manajerial
Menyangkut fungsi administrasi (memimpin kelas), baik internal maupun eksternal.
 Berhubungan dengan peserta didik
 Alat perlengkapan kelas (material)
 Tindakan-tindakan profesional
 Tugas Edukasional
Menyangkut fungsi mendidik, bersifat :
 Motivasional
 Pendisiplinan
 Sanksi sosial (tindakan hukuman)
 Tugas Instruksional
Menyangkut fungsi mengajar, bersifat :
 Penyampaian materi
 Pemberina tugas-tugas pada peserta didik
 Mengawasi dan memeriksa tugas
Peranan guru dalam pembelajaran tatap muka
Terdapat peran guru dalam pembelajaran tatap muka yang dikemukakan oleh Moon (1989), yaitu sebagai berikut :
1. Guru sebagai perancang pembelajaran
2. Guru sebagai pengelola pembelajaran
3. Guru sebagai pengarah pembelajaran
4. Guru sebagai evaluator
5. Guru sebagai konselor
6. Guru sebagai pelaksana kurikulum
7. Guru dalam pembelajaran yang menerapkan kurikulum berbasis lingkungan

Tugas dan tanggung jawab Guru
Proses pembelajaran yang bernapaskan lingkungan lebih menekankan pada pentingnya proses belajar peserta daripada hasil belajar yang dicapai oleh peserta didik. Karena itu, pengendalian proses pembelajaran peserta didik merupakan tugas dan tanggung jawab guru. Ada beberapa kemampuan yang dituntut dari guru agar dapat menumbuhkan minat dala proses pembelajaran, yaitu sebagai berikut :
a. Mampu menjabarkan bahan pembelajaran ke dalam berbagai bentuk cara penyampaian
b. Mampu merumuskan tujuan pembelajaran kognitif tingkat tinggi, seperti analisis, sintesis dan evaluasi. Melalui tujuan tersebut maka kegiatan belajar peserta didik akan lebih aktif dan komprehensif
c. Menguasai berbagai cara belajar yang efektif sesuai dengan tipe dan gaya belajar yang dimiliki oleh peserta didik secara individual
d. Terampil dalam menggunakan sumber-sumber belajar yang ada sebagai bahan ataupun media belajar bagi peserta didik dalam proses pembelajaran.
e. Terampil dalam mengelola kelas atau memimpin perseta didik dalam belajar sehingga belajar menjadi menarik dan menyenangkan. (Sudjana dan Arifin, 1989: 31-39)

Syarat Guru yang baik dan berhasil
Tidak sembarangan orang dapat melaksanakan tugas profesional sebagai seorang guru. Untuk menjadi guru yang baik haruslah memenuhi syarat-syarat yang telah ditetapkan oleh pemerintah (Ngalim Purwanto, 1985: 170-175). Syarat utama untuk menjadi seorang guru, selain berijazah dan syarat-syarat mengenai kesehatan jasmani dan rohani, ialah mempunyai sifat-sifat yang perlu untuk dapat memberikan pendidikan dan pembelajaran. Selanjutnya, dari syarat-syarat tersebut dapat dijabarkan secara lebih terperinci, yaitu sebagai berikut :
a. Guru harus berijazah
b. Guru harus sehat rohani dan jasmani
c. Guru harus bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berkelakukan baik.
d. Guru haruslah orang yang bertanggung jawab
e. Guru di Indonesia harus berjiwa nasional
Syarat-syarat di atas adalah syarat umum yang berhubungan dengan jabatan sebagai seorang guru. Selain itu, ada pula syarat lain yang sangat erat hubungannya dengan tugas guru di sekolah, sebagai berikut :
a. Harus adil dan dapat dipercaya
b. Sabar,rela berkorban, dan menyayangi perserta didiknya
c. Memiliki kewibawaan dan tanggung jawab akademis
d. Harus selalu berintrokpeksi diri dan siap menerima kritik dari siapa pun
e. Harus berupaya meningkatkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi
Sebagai kesimpulan, keberhasilan seorang guru dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya sebagai seorang pengajar sangat tergantung pada diri pribadi masing-masing guru dalam lingkungan tempat ia bertugas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar